Oleh : Mawar Elista

ANBK adalah cara pemerintah menilai dan memetakan sebuah satuan pendidikan. Ada empat materi yang diujikan dalam ANBK.

Materi pertama adalah survei karakter. Survei ini dilakukan dengan tujuan mendapatkan informasi tentang karakteristik siswa. Seiring dengan implementasi kurikulum merdeka yang diprogramkan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, diharapkan peserta didik memiliki karakter dengan profil pelajar pancasila. Karakter yang diharapkan adalah berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri, bergotong royong, bernalar kritis, dan kreatif.

Materi yang kedua adalah literasi. Materi ini diujikan kepada siswa dengan tujuan untuk mengukur kemampuan literasi siswa. Apakah siswa sudah terbiasa membaca efektif, apakah sekolah sudah menerapkan program literasi yang dicanangkan oleh pemerintah, apakah program literasi di sekolah sudah mengubah kebiasaan siswa dalam membaca, sudahkah dalam proses pembelajaran guru memberikan tugas-tugas yang berkaitan dengan peningkatan kemampuan literasi siswa.

Materi ketiga adalah Survei lingkungan belajar. Bagaimana kondisi lingkungan sekolahnya, apakah mendukung atau tidak untuk proses pembelajaran berjalan dengan baik. Bagaimana tenaga pendidiknya, apakah sudah mampu menjadi teladan bagi peserta didik, apakah secara materi ajar benar-benar menguasai, secara penyampaian sudah menerapkan prinsip-prinsip kreatif dan inovatif. Apakah sudah menerapkan strategi pembelajaran diferensiasi.

Materi terakhir di hari kedua adalah numerasi. Mata ujian ini diberikan bertujuan untuk mengukur apakah peserta didik di sebuah satuan pendidikan sudah memiliki kemampuan penalaran matematika yang baik, dikaitkan dengan kasus-kasus ditemui oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari.

Alhamdulillah dua hari pelaksanaan ANBK di SMA Islam Al Syukro Universal terlaksana dengan baik, tanpa kendala yang berarti. Server error' yang terjadi pada saat gladi bersih, tidak lagi terjadi saat pelaksanaan ANBK utama.

Semoga hasil yang diperoleh dapat menjadi tolak ukur SMA Islam Al Syukro Universal sebagai sekolah dengan rapor pendidikan yang baik.

=> Dokumentasi Foto Kegiatan <=